Tank Mate

Pemilihan jenis-jenis tank mate

Dalam pemilihan tank mate / ikan yang akan di taruh dalam aquarium bersama-sama arowana haruslah tepat. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah;

  1. Ikan haruslah jenis ikan pemakan segala
  2. Ikan yang kuat dalam segi fisik/tidak gampang terserang penyakit atau berpotensi sebagai carrier.
  3. Ikan yang tidak terlalu agresif
  4. Ikan yang berenang di bagian tengah atau bagian dasar aquarium
  5. Jika ikan yang diberikan adalah ikan yang termasuk predator, carilah yang berukuran lebih kecil dari arowana

Ikan yang biasanya diberikan oleh para hobbies adalah ikan kaviat, silver dollar, paku-paku, sapu-sapu, bottia macrachanta atau synodontis.

Kaviat, silver dollar dan paku-paku adalah jenis ikan yang berenang di bagian tengah dan kerap kali kepermukaan air untuk mengambil makanan. Namun tidak menutup kemungkinan juga berenang kedasar. Karena bentuknya yang relatif tebal membuat arowana tidak bisa memakan jenis-jenis tersebut. Meski terkadang terjadi kejar mengejar, namun tidak sampai termakan oleh arowana karena ikan jenis-jenis tersebut termasuk perenang yang sangat cepat dan gesit.

Sapu-sapu, bottia macrachanta dan synodontis adalah jenis ikan yang suka berenang di dasar. Sapu-sapu biasanya dimaksudkan agar membersihkan algae/lumut di dasar atau dinding-dinding kaca aquarium. Sedangkan bottiia macrachanta & synodontis agar membersihkan sisa-sisa makanan atau kotoran arowana yang ada didasar.

Jumlah tank mate

Tank mate janganlah terlalu banyak. Biasanya untuk 1 ekor arowana di berikan 1 ekor sapu-sapu/synodontis/bottia macrachanta dan 2 ekor kaviat/silver dollar/paku-paku tergantung mental dari arowana. Terkadang pemberian tank mate yang terlalu banyak dapat menyebabkan arowana stress. Terutama untuk jenis ikan kaviat. Karena kaviat bisa dibilang ikan yang cukup agresif gaya renangnya.

Manfaat & kelemahaan tank mate

Pemberian tank mate dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan & agresifitas arowana sebagai ikan buas. Tank mate juga bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau pun kotoran arowana yang mengapung maupun mengendap didasar.

Adapun efek-efek negatif yang dapat ditimbulkan akibat pemberian tank mate adalah arowana dapat mengalami stress (bagi yang bermental tidak baik), tertular penyakit atau mata turun/drop eye karena sering melihat tank mate di dasar aquarium. Oleh karena itu hal-hal yang sudah di jelaskan diatas harus benar-benar diperhatikan, mulai dari pemilihan jenis tank mate sampai jumlah tank mate.

Comments are closed.